Followers

Google
 

Wow... Budidaya Jambu Jamaica Mulai Diminati

Monday, October 19, 2009

Tanaman jambu jamaica cocok dikembangkan di Kabupaten Lampung Timur sehingga banyak warga yang mulai berminat membudidayakannya.
"Setelah tahu, kalau buah jambu jenis jamaica cocok ditanam di Lampung Timur, makanya saya tertarik untuk membudidayakannya di pekarangan rumah," ujar Saiful (43), warga di Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Senin (19/10).

Dia mengaku sangat berminat dan tertarik membudidayakan tanaman jambu jamaica yang masih terdengar asing di telinga warga. Bahkan, banyak warga yang langsung membeli bibit jambunya di sentra pembibitan Pekalongan.

Dikatakan, banyak warga tertarik saat melihat tanaman buah jambu di Taman Agro Wisata Pekalongan yang tumbuh subur, apalagi buahnya lebih besar dari jambu-jambu biasa.

"Saya belum pernah melihat buah jambu sebesar itu, makanya saya tertarik membudidayakan di kebun," ujar Saiful.

Menurut Koordinator Pengelola Taman Agro Wisata Pekalongan, Zaenal Arifin, komoditas buah jambu jamaica memang masih baru terdengar di Provinsi Lampung, karena buah ini juga baru pertama kali dibudidayakan di Kabupaten Lampung Timur.

"Memang belum untuk dipromosikan secara luas, karena baru dibudidayakan di daerah," katanya.

Taman Agro Wisata Pekalongan, lanjutnya, juga mulai mengembangkan jenis buah jambu lain selain jambu jamaica, karena struktur tanah dan cuaca di daerah Lampung Timur sangat memungkinkan untuk dibudidayakan berbagai jenis jambu dan buah-buahan lain.

Zaenal Arifin berharap, ada investor yang tertarik untuk mengoptimalkan budidaya buah jambu jamaica yang mulai diproduksi di Kabupaten Lampung Timur tersebut.

"Buah jambu jamaica bisa dipanen dalam waktu relatif singkat, selain itu sama sekali tidak bergantung musim, sehingga jika dikembangkan menjadi tanaman industri jelas sangat menguntungkan," katanya.

SOE
Editor: hertanto
Sumber : ANT

0 comments: